Mengenal Gebyok dan Bagaimana Gebyok yang Khas dari Mebel Jepara

Mengenal Gebyok dan Bagaimana Gebyok yang Khas dari Mebel Jepara

Apa Anda pernah mendengar kata “gebyok”? Apa itu gebyok? Dalam pengertian umum, gebyok dapat diibaratkan sebagai partisi pintu khas Jawa. Selain dapat digunakan sebagai penyekat ruangan, gebyok juga bisa dijadikan pintu masuk rumah atau pintu-pintu ruangan lainnya. Keistimewaan gebyok hadir pada bahan bakunya yang bermutu tinggi, ukiran khas Jawa, dan teknik pengerjaan yang mengandalkan seni ukir selama bertahun-tahun. Salah satu tempat yang bisa dijadikan tempat berburu gebyok seperti ini dapat ditemukan di Jepara, Jawa Tengah. Di kota ini, mebel-mebel dijual secara luas dan tumbuh dengan sebutan mebel Jepara.

Kerap disebut sebagai surganya mebel atau furnitur, Jepara pada awalnya bukanlah kota seni ukir. Julukan ini sempat disematkan ke kota Kudus, yang sekarang lebih dikenal dengan industri tembakau dan rokoknya. Kini industri patung ukir dan mebel daerah Jepara telah berkembang pesat dan melambung namanya hingga Benua Asia dan Eropa, Timur Tengah dan Amerika Serikat. Salah satu jenis mebel yang sering dicari pembeli adalah gebyok Jepara. Gebyok khas Jepara menerapkan ornamen-ornamen ukiran Jepara dan penggunaan kayu jati terbaik sebagai bahan baku utama. Terkenal dengan ukiran 3D dan rumit sehingga dari jauh nampak seperti lukisan, gebyok Jepara memancarkan kecantikan seni khas Jawa yang mana hasil ini merupakan seni buatan tangan, bukan mesin. Ukirannya yang detail dan halus adalah berkat pembelajaran seni ukir turun-temurun yang diusahakan oleh warga Jepara untuk tetap lestari walaupun zaman sudah menjadi moderen. Keunggulan lain gebyok Jepara adalah bahwa antara satu gebyok dengan yang lain tidak akan ditemukan kemiripan yang kentara. Kalaupun ada, itupun hanya sebagian kecil dan tidak akan terlihat secara lekat.

 

Gebyok yang benar-benar asli dari Jepara juga terkenal kuat dan kokoh. Jika Anda memiliki atau pernah melihat mebel-mebel khas Jepara yang sudah kuno, pasti Anda setuju bahwa mebel tersebut tetap terlihat elegan dan berkelas. Untuk mempercantik dekorasi rumah, Anda tidak perlu memasang gebyok tradisional yang ukurannya tinggi besar, karena sekarang sudah ada gebyok minimalis. Saat ini pengusaha-pengusaha mebel sudah lebih fleksibel dalam pengerjaannya dan menawarkan kustomisasi ukuran atau jenis kayu, jadi Anda tidak perlu khawatir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *