Jam Tangan Bambu Dilirik Luar Negeri

Sekarang ini arloji mempunyai bahan basic stainless steel, platinum bahkan juga plastik. Tetapi di tangan Adang Muhidin (43) bahan baku yang dipakai jadi datang dari bambu. Warga asal Melong Asih No 23, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, ini telah bergelut dengan bambu mulai sejak 2011. Tetapi dalam satu tahun paling akhir dia menginginkan membuat product memiliki bahan bambu yang sesuai sama pola hidup.

Walau memiliki bahan bambu, Adang menyebutkan, arloji bikinannya tahan air sampai kedalaman kurang dari 10 mtr..

” Telah pasti antiair karna kita uji dari mulai air tawar, air hujan, serta bahan bakar minyak. Akhirnya, dibawah 10 mtr. masih tetap aman, ” kata Adang waktu didapati Liputan6. com, Kamis, 16 November 2017.

Lihat produknya menjanjikan, Adang segera mengebut pembuatan arloji bambu ini. Terlebih dia tidak butuh ribet karna telah perlengkapan mesin gergaji, bor, serta penghalus dari dinamo.

” Peminat telah banyak walau kita belum juga satu bulan memperkenalkan pada orang-orang. Minggu lantas saja /hari kita buat hingga 15 unit, ” katanya.

Adang memperkerjakan dua orang karyawannya untuk menghasilkan arloji ini. Dia pasarkan kerajinan tangannya cuma lewat sosial media Facebook serta Instagram Indonesian Bamboo Community. Pemesannya bermacam dari mulai Bogor, Jakarta bahkan juga hingg ke luar negeri seperti Jepang, Amerika Serikat sampai Filipina.

” Kita telah sediakan 50 unit. Pemesanan dapat dikerjakan lewat Instagram. Tapi untuk custom memanglah belum juga, ” ucapnya.

Harga Bergantung Tingkat Kerumitan

Masalah harga jam tangan , Adang menempatkan tarif dari mulai Rp 390 ribu sampai Rp 1, 5 juta. Bergantung pada kerumitan pembuatan serta material bambu yang dipakai.

Bahan baku yang dipakai yakni bambu type bambu Gombong. Bambu ini menurut Adang banyak diketemukan di Bandung.

Akhirnya, bahan kayu dipotong jadi lembaran. Umumnya sistem ini menggunakan saat satu minggu. Lantas, bambu itu dibor untuk buat akan bingkai atau tempat mesin jam. Kemudian, jam dipasangkan strep kulit.

Untuk diameter arloji wanita ukuran diameter 3 cm.. Sedang jam lelaki berdiameter 4 cm.. ” Sisi paling susah itu waktu memasangkan jarum jamnya. Mesti presisi, ” tuturnya.

Sesudah bingkai serta strep arloji telah jadi, tinggal berikan susunan anti gores untuk menghindar timbulnya jamur. Masalah warna, tetaplah alami dari bambunya.

” Bila sekali lagi enjoy satu jam dapat usai hingga empat jam, ” papar dia.

Masalah brand, Adang menamai produknya Awi’s. Gagasannya, th. depan arloji bambu ini juga akan memiliki bahan baku bambu sampai ke strep-nya.

Sesaat masalah perawatan jam bambu ini dapat memakai minyak kelapa. ” Janganlah disimpan ditempat lembab. Itu saja kuncinya, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *