PT Sarinah (Persero) Akan Merambah Dunia Online

PT Sarinah (Persero) akan merambah dunia on-line. Direktur Paling utama PT Sarinah GNP Sugiarta Yasa menyebutkan, nanti orang-orang bisa belanja dengan on-line lewat sarinah store.PT Sarinah (Persero) Akan Merambah Dunia Online

 

” Insya Allah kurun waktu dekat ini, Sarinah juga akan buka basis gerai on-line. Bln. ini mulai rilis sarinah. store, ” kata Sugiarta, pada wartawan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

Perseroan akan membuat aplikasi yang bisa diupload di system Android serta system operasi yang lain. Dengan hal tersebut, nanti orang-orang bisa lihat serta beli beberapa produk yang di jual di Sarinah lewat handphone.

” Lihat Sarinah dalam genggaman, ” kata Sugiarta. Dia menerangkan, Sarinah juga akan coba mengenalkan basis on-line ini pada orang-orang. Ia mengharapkan, orang-orang bisa selalu berikan input pada perseroan untuk lebih menyempurnakan basis itu.

Perseroan tidak menempatkan tujuan tinggi dalam transaksi lewat toko on-line Sarinah. ” Kami membidik dalam th. ini transaksi yang katakanlah rata-rata Rp 1 miliar telah cukup, ” kata Sugiarta.

Terlebih dulu Sugiarta menyebutkan ada pergeseran alur berbelanja orang-orang. Sekarang ini, lanjut dia, orang-orang lebih senang pada berbelanja on-line daripada mesti datang ke pusat perbelanjaan. Hal semacam ini juga yang menyebabkan pelambatan perkembangan ritel.

Pergeseran ini beresiko pada perkembangan Sarinah. Menurutnya, saat ini perseroan cuma tumbuh sekitaran 8 %. Walau sebenarnya, umumnya perkembangan perseroan menjangkau 15-20 %. Sedang perkembangan industri ritel keseluruhannya sekitaran 5-7 %.

Sugiarta mengaku industri ritel tengah alami masa susah. ” Akhir th. ini, kami mengharapkan tumbuhnya diatas 15%, ” kata Sugiarta.

Jumlah Transaksi Harian Bukalapak

Jumlah transaksi harian Bukalapak yang sudah dilengkapi dengan cek resi menjangkau angka yang fantastis. Terdaftar, e-Commerce yang pada hari ini, Selasa (9/1/2017) berumur tujuh th. itu sudah mengantongi jumlah transaksi harian sejumlah Rp 50 miliar di 2016.

Seperti di sampaikan Achmad Zaky, CEO Bukalapak, jumlah transaksi yang berjalan bahkan juga dapat ‘membengkak’ pada beberapa peristiwa spesifik, sebut saja waktu Harbolnas (Hari Berbelanja On-line Nasional).

” Transaksi harian kami di 2016 itu telah menjangkau Rp 50 miliar, bila di Harbolnas sendiri dapat tembus Rp 300 miliar, ” kata Zaky

Zaky juga kembali kenang cerita saat Bukalapak dibangun pada tujuh th. kemarin. Waktu itu, Bukalapak masih tetap adalah startup kecil. Kantornya saja masih tetap berada dirumah toko (ruko).

” Masalah pencapain kami ini pasti tidak terlepas dari cerita masa-masa awal membuat Bukalapak dahulu. Kami bahkan juga nginep serta kerja di ruko kecil sehari-hari. Kami saat itu miliki mimpi bila Bukalapak itu mesti jadi suatu hal yang besar, yang berguna untuk orang-orang, ” ia menjelaskan.

Diluar itu, pria berkacamata itu juga menuturkan masalah perkembangan Bukalapak yang nyatanya semakin besar pada 2016 bila dibanding dengan 2015.

Kunjungan per pageview Bukalapak di 2016 bertambah sampai angka 13, 4 miliar. Penambahan itu diklaim naik 16 kali lipat dibanding dengan 2015. Demikian juga dengan transaksi harian yang jumlahnya semakin menanjak.

” Nilai transaksi /hari saat 2014 itu menjangkau Rp 500 juta, sesudahnya di 2015 tumbuh sampai Rp 7 miliar, serta th. 2016 menyentuh Rp 50 miliar, ” ungkap Zaky.

Menyoal pendapatan bersih, Zaky mengumbar, Bukalapak pertumbuhannya tujuh kali lipat di 2016 dibanding th. terlebih dulu.

” Kita mengharapkan trend perkembangan ini akan berlangsung pada 2017 serta th. selanjutnya, ” ia meneruskan.

Zaky juga mengakui, perkembangan yang agresif ini dikarenakan oleh kehadiran aktor Usaha Kecil Menengah (UKM) yang gabung dengan Bukalapak. Mereka dinilai mempunyai visi yang sama juga dengan maksud Bukalapak dalam memajukan product kreatif buatan aktor UKM,.

” Jumlah aktor UKM yang gabung di Bukalapak itu 100 ribu di 2014, selalu tumbuh di th. 2015 jadi 400 ribu aktor, lantas di th. 2016 beberapa pelapak ini menjangkau 1, 3 juta, ” kata Zaky.

Tidak cuma beberapa pelapak yang jumlahnya telah menyentuh angka satu juta-an, Bukalapak juga mengantongi jumlah karyawan selalu bertambah, pada 2015 cuma sekitaran 200, sedang di th. 2016 keseluruhan karyawannya berada di kisaran 500 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *