Tol Soroja Akan Terapkan Tarif Satu Harga, Jauh-Dekat Rp7.000

Harga.info – Tarif satu harga juga akan diaplikasikan di Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, (4/12/2017) kemarin. Tarif tol selama 10, 57 km. itu dibanderol sama, yaitu Rp7. 000 untuk kendaraan kelompok I.

Tol Soroja Akan Terapkan Tarif Satu Harga, Jauh-Dekat Rp7.000

Tol Soroja Akan Terapkan Tarif Satu Harga, Jauh-Dekat Rp7.000

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa menyebutkan, penetapan tarif itu merujuk pada surat ketentuan Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) berkaitan tarif Tol Soroja yang di keluarkan 8 Desember 2017 kemarin.

Dalam SK itu, Tol Soroja mengaplikasikan tarif jauh dekat satu harga dengan perincian, kelompok I Rp7. 000, kelompok II Rp10. 500, kelompok III Rp14. 000, kelompok IV itu Rp17. 500, serta kelompok V Rp21. 000.

” Pak Menteri PUPR sudah menerbitkan SK untuk tarif Tol Soroja mulai sejak 8 Desember (2017) lantas, ” ungkap Iwa di Bandung, Jumat (22/12/2017).

Selanjutnya Iwa menyebutkan, mulai sejak diresmikan Presiden Jokowi, Tol Soroja tidak saat itu juga di buka untuk umum. Bahkan juga, sesudah tarif resmi didapat dari Kementerian PUPR juga, Tol Soroja belum juga dapat dipoperasikan dengan penuh.

Menurut Iwa, keadaan itu berlangsung karna sistem konektivitas tarif pada Tubuh Usaha Jalan Tol (BUJT) Soroja serta Padalarang Cileunyi (Padaleunyi) dan Cikopo-Palimanan (Cipali) belum juga selesai.

” Jadi, konektivitas system dengan Tol Padaleunyi serta Cipali ke Soroja masih tetap disimulasikan serta diinginkan dapat usai cepat. Dari Padaleunyi, termasuk juga Cipali itu systemnya tengah disingkronkan, ” jelas Iwa.

Ke-3 BUJT itu, kata Iwa, tengah mengulas akuntabilitas pendapatan semasing dari aplikasi satu harga lewat elektronik tol (e-toll). Sistem ini menurut dia memerlukan saat karna mesti teruji validasinya.

” Tetapi, pembagian berbagi pendapatan tiga operator ini diinginkan selesai minggu ini, ” tuturnya. Bila perkara ini usai, lanjut Iwa, jadi operator Tol Soroja dapat segera mengaplikasikan tarif yang telah diputuskan oleh Kementerian PUPR itu.

Iwa memberikan, terkecuali masalah konektivitas tarif serta pendapatan operator, pihaknya juga tengah menanti penuntasan eksperimen system di pintu Tol Kutawaringin Barat serta Timur.

Pihak PT Citra Marga Lintas Jawa barat (CMLJ) jadi operator Tol Soroja membidik, eksperimen ini selesai pada akhir minggu ini supaya orang-orang pemakai di lokasi itu dapat terhubung Tol Soroja. ” Kutawaringin ditargetkan Sabtu malam atau Minggu usai, ” sebutnya seraya mengharapkan, Tol Soroja dapat dipakai waktu libur Natal serta Th. Baru 2018.

Di ketahui, hadirnya tol penghubung Kota Bandung serta Kabupaten Bandung ini telah ditunggukan orang-orang di ke-2 kota/kota kabupaten itu karna bisa memotong saat perjalanan jadi 12 menit dari mulanya 1, 5 jam-2 jam bila memakai jalan arteri.

Tol Soroja terdiri dalam dua seksi. Seksi I ruas simpang susun Pasirkoja-Margaasih selama 2, 75 km serta Seksi II ruas simpang susun Margaasih-Katapang selama 3, 3 km, dan seksi III ruas simpang susun Katapang-Soreang 2, 1 km.

Tol Soroja akan jadi sisi dari jaringan transportasi Bandung Raya yang tersambungsi dengan Tol Purbaleunyi lewat persimpangan di km. 132.

Tol Soroja dipercaya juga akan tingkatkan aksesbilitas menuju beragam tujuan wisata atraktif di lokasi Bandung selatan, seperti lokasi Ciwidey, Kawah Putih, perkebunan teh Rancabali, serta lokasi wisata Rancaupas dan lokasi Pangalengan dengan pusat tujuannya Situ Cileunca sampai Rancabuaya serta lokasi selatan Jawa barat yang begitu mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *