AC Rumah Bocor? Ini 3 Penyebabnya

Permasalahan yang kerap terjadi pada AC rumah biasanya adalah adanya kebocoran pada unit AC. Para pemilik AC seringkali tidak tahu menahu apa yang menyebabkan AC menjadi bocor dan justru membiarkannya hingga bertahun-tahun. Kebocoran pada AC memang hal yang wajar dan lumrah terjadi. Keluarnya air tersebut adalah proses kerja  yang normal pada unit AC.

Normalnya, AC akan menghilangkan kelembapan dari udara di dalam rumah. Kelembapan ini yang membuat menjadi embun yang kemudian mengalir turun dan kemudian keluar dari lubang pembuangan di bagian bawah mesin. Umumnya, tentu ada cara bagaimana air mengalir keluar mesin.

Meski hal yang lumrah terjadi, namun bila kebocoran yang terjadi justru melebihi batas normal tentunya menjadi masalah. Akibatnya lantai menjadi basah serta beberapa perabotan anda pun ikut basah.Maka dari itu, anda perlu tahu apa penyebab AC menjadi bocor. Berikut informasinya.

  1. Pipa yang sudah tua

Jika anda memasang AC sudah bertahun-tahun lamanya dan jarang melakukan perawatan AC, tentu hal yang wajar jika kemudian lapisan dari pipa AC rumah menjadi rusak. Hal ini tentu akan mengakibatkan kebocoran. Maka dari itu untuk langkah perbaikannya dengan mengganti pembungkus pipa dengan yang baru. Selain sudah tua, pipa bisa juga mengalami kerusakan  yang tak terduga. Dan yang terjadi adanya kebocoran pada AC.

  1. Proses pemasangan AC yang tidak tepat

Ketika memasang AC, posisinya harus condong ke belakang dan ke arah luar. Hal ini dimaksudkan supaya air bisa dengan mudah mengalir ke saluran pembuangan. Bila tidak dipasang dengan benar, tentu air akan meneter keluar mesin dan membasahi lantai. Maka dari itu, anda perlu mempercayakan pemasangan AC kepada teknisi yang profesional dan berpengalaman.  

  1. Adanya penumpukan debu dan bertumbuhnya jamur

Salah satu penyebab yang mengakibatkan bocornya AC murah adalah adanya debu, kotoran, serta benda lain yang menghambat serta menyumbat saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pembuangan tersebut membuat air keluar dari unit AC melalui lubang lain di mesin. Akibatnya terjadi kebocoran air melalui jalur yang tak normal. Selain debu, bertumbuhnya jamur juga bisa menjadikan AC menjadi bocor. Bila tidak dibersihkan dengan benar, maka jamur akan tumbuh dan menyebar. Sehingga udara yang dihasilkan adalah udara kotor dan tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *