Tahap-tahapan memulai bisnis catering

Tahap-tahapan memulai bisnis catering
Bisnis catering kuliner dapat dibilang bisa menjadi salah satu bisnis yang saat ini menjadi primadona bagi para pengusaha kuliner. Selain bisnis ini sangat menjanjikan, cara pembuatannya pun cukup mudah, hanya berbekal perlengkapan dapur rumah tangga seperti biasanya. Potensi penghasilan dari bisnis catering ini pun cukup besar.

Dalam pengerjaannya, bisnis ini dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga maupun karyawan pabrik. Tetapi bisnis ini butuh kerja keras dan ketekunan yang tinggi, anda harus siap ketika pesanan mulai beranjak naik. Biasanya digunakan oleh konsumen untuk acara pesta pernikahan, pesta ulang tahun atau acara lainnya. Di bawah ini akan saya bagikan tahapan dalam memulai bisnis catering jogja :

1. Buatlah penelitian pangsa pasar
Ketika anda memulai usaha, janganlah terburu-buru dalam mengambil keputusan. Buatlah penelitian pangsa pasar yang akan dituju, agar anda menemukan langkah apa yang harus anda lakukan untuk mengembangkan usaha anda nantinya. Penelitian dapat dimulai dari lingkungan rumah anda terlebih dahulu, mencari tahu siapa pesaing anda, menu utama apa yang dijual oleh pesaing anda, lalu kisaran harga berapa menu anda dapat bersaing.

Buatlah kesimpulan dari hasil penelitian yang telah anda kerjakan, misalnya anda mau membuat konsep apa, target pemasarannya, menu ntama, menu variasi, dan pelayanannya. Semua itu berdasarkan hasil penelitian.

2. Siapa target pemasaran

Setelah anda selesai membuat penelitian pangsa pasar, anda dapat menentukan siapa target pemasaran anda, ataukah pegawai kantoran, anak sekolah atau karyawan pabrik.

Jika anda akan menekuni catering yang berkonsep pesta, anda juga dapat menentukan target pemasaran kepada orang-orang yang akan mengadakan pesta pernikahan, pesta ulang tahun atau acara kelulusan. Anda harus menyiapkan alat-alat untuk menyajikan makanan pesta, dan membuat menu yang biasa dibutuhkan untuk acara tersebut.

Menentukan target pemasaran dapat membantu anda ketika akan memilih dan membuat menu masakan. Cara ini akan membuat anda lebih terarah untuk memajukan bisnis catering tersebut. Ketika bisnis anda telah maju, anda dapat menentukan target pasar selanjutnya yang lebih luas.

3. Persiapkan kebutuhan modal dan peralatan

Anda sebaiknya jangan terburu-buru untuk menentukan peralatan yang akan dibeli, anda dapat menggunakan peralatan dapur di rumah anda yang dibutuhkan, sehingga dapat memperkecil pengeluaran modal untuk membeli alat.

Persiapkan modal sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan, jangan berlebihan ketika anda membeli barang, yang dapat membuat kondisi keuangan anda menipis. Persiapkan seluruhnya secara matang, atau anda dapat membuat daftar terlebih dahulu apa saja yang harus dibeli. Dalam menyiapkan bahan sebaiknya persiapkan secara mendadak saja ketika ada pesanan catering.

4. Mempromosikan kepada pelanggan

Anda dapat mempromosikan bisnis catering anda kepada teman, kerabat, tetangga atau rekan kerja anda. Dalam mempromosikan produk anda harus mempunyai etika melayani pelanggan, misalnya memberikan pelayanan yang baik atau beri saran yang terbaik.

Media yang digunakan untuk sarana promosi juga banyak, misalnya menggunakan teknik mulut ke mulut, brosur, kartu nama, media sosial, iklan baris atau menggunakan media yang sedang ramai akhir-akhir ini yaitu balon udara. Tidak mudah dalam melakukan promosi, anda dituntut untuk rajin promosi dan memiliki kemauan untuk bekerja keras.

5. Mencari tenaga kerja

Hal yang dilakukan anda ketika usaha catering anda mulai mendapatkan pelanggan adalah mencari tenaga kerja untuk membantu membuat catering pesanan dari pelanggan anda. Anda dapat mengajak tetangga rumah anda untuk bekerja bersama anda. Usahakan mencari karyawan yang memiliki kriteria yang dapat memasak, rajin dan semangat ketika sedang bekerja.

6. Membuat kerjasama dengan pelanggan

Anda dapat membuat kerjasama dengan pelanggan anda dengan menjadikan reseller dari produk catering anda. Strategi yang dipakai yaitu dengan memberikan diskon dan berikan perlakuan khusus kepada reseller anda supaya dapat bekerja dengan serius dalam mencari pelanggan untuk usaha anda. Buatlah mereka nyaman terhadap ketentuan yang anda berikan.

Demikian beberapa tahapan dalam memulai bisnis catering, semoga dapat memberi jawaban yang anda cari untuk membuat bisnis catering anda semakin maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *