Inilah 9 Tips Yang harus Diperhatikan Agar Mudik Tetap Nyaman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dia tidak akan mencapai musim ini. Kepadatan dan kemacetan diperkirakan terjadi di mana-mana jutaan orang Indonesia memanfaatkan waktu ini untuk meninggalkan kota dan kembali ke kampung halaman mereka.
Persiapan pulang yang dilakukan hari ini adalah hal yang benar. Anda dapat menemukan tiket pesawat atau kereta api karena harganya mungkin lebih murah. Namun, Anda juga dapat memilih untuk pulang dengan kendaraan pribadi jika memungkinkan.

Baca juga : Academic IELTS, Toeic TOEFL dan TOEFL Writing Practice
Selain Lebaran yang sudah lama ditunggu-tunggu, ini juga saat di mana pengemudi harus lebih berhati-hati di jalan. Setiap tahun selama musim mudik, selalu ada lonjakan jumlah dan cedera di jalan raya.
Beberapa penyebab kecelakaan ini termasuk volume lalu lintas yang tinggi, pengemudi yang tenggelam, dan stres. Untuk membantu Anda mencapai tujuan dengan aman dan bersama dengan keluarga tercinta Anda, berikut adalah sembilan kiat untuk perjalanan Anda kembali:
1. Buat Daftar Bagasi
Sebelum bepergian, buat daftar barang yang akan Anda bawa ke kendaraan pribadi Anda. Daftar item berguna untuk meminimalkan kemungkinan Anda lupa. Selain itu, ia juga mengontrol prioritas barang yang Anda bawa dari yang paling penting ke yang kurang penting.
2. Periksa keadaan kendaraan
Jika Anda sudah menyiapkan daftar barang yang Anda bawa, Anda harus memeriksa keadaan kendaraan pribadi. Periksa oli mesin, busi, dan bawa radiator air untuk merawat kendaraan tanpa masalah. Jika Anda merasa situasinya masih buruk, bawalah kendaraan Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan menyeluruh.
3. Bawa Peralatan Kendaraan
Pastikan semua peralatan tambahan di kendaraan Anda tersedia. Sangat penting untuk menghindari situasi darurat, di mana tidak ada bengkel saat tiba di daerah tersebut. Peralatan kendaraan seperti jack, obeng, tang, kunci pas, dll sangat penting. Jadi jangan lupa bawa.
4. Siapkan Backup Cadangan
Untuk meminimalkan dana, Anda perlu menyediakan semuanya dengan bebas. Seperti memeriksa lebih banyak kendaraan seperti kinerja ban, busi, kampas rem, untuk mesin gas dan kabel. Jika sudah lama digunakan, disarankan untuk mengganti yang baru. Pastikan suku cadang seperti busi, sekering, garis rem, ban kopling, ban, dan banyak lagi tersedia di kendaraan Anda.
5. Tubuh dalam Kondisi Prima
Tak hanya memperhatikan kendaraan, kondisi tubuh Anda juga harus dijaga. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi tubuh yang tepat. Pastikan untuk berada di posisi yang tepat sebelum memulai perjalanan panjang. Jika mengantuk, berhentilah beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap dua jam atau maksimal empat jam.
6. Setel ulang Kotak Bantuan Pertama
Periksa dan isi ulang obat-obatan dalam kotak pertolongan pertama. Beberapa hal penting seperti minyak angin, balm, hingga obat-obatan ringan menjadi peralatan wajib. Periksa apakah obat terlambat atau tidak. Anda juga dapat menambahkan dengan obat-obatan lain.
7. Hiburan Lengkap
Hampir seluruh wilayah negara kita, itu adalah hal yang membosankan yang sering bertemu Anda selama perjalanan jauh sebelum Lebaran. Koleksi lengkap sistem hiburan di kendaraan Anda, seperti koleksi kaset, CD, film MP3 hingga e-book untuk menghindari kebosanan.
8. Pasang Kendaraan Gratis
Pemegang merek merek otomotif terbiasa membuka pos layanan gratis di tempat tertentu di rute pulang. Mereka juga biasanya memberikan nomor darurat yang dapat dihubungi jika Anda memiliki masalah dengan kendaraan Anda. Cari tahu di mana pos itu.
9. Paket Data dan Baterai
Ponsel pintar telah identik dengan kehidupan kita. Pastikan baterai dan ponsel Anda terisi penuh. Jangan biarkan itu terjadi, kalau-kalau telepon darurat Anda tidak dapat digunakan. Jika perlu mengambil beberapa bank daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *