Digital Mixer Meningkatkan Kualitas Audio

Audio mixer adalah perangkat yang membantu mencapai mixing audio yang berkualitas, dengan menjaga keseimbangan, posisi, efek dan penyetaraan saluran audio yang berbeda. Secara profesional, mixer audio juga biasa dikenal dengan sebutan mixer, mixing desk atau sound board. Mixer digital dapat digunakan untuk mencampur sinyal analog atau digital meskipun ada beragam jenis mixer yang hanya disesuaikan untuk sinyal-sinyal ini. Setiap orang dapat meningkatkan kualitas suara musik yang ada si sebuah lagu, melalui beberapa pelajaran tentang dasar-dasar penggunaan mixer. Sinyal yang dimodifikasi dari mixer disatukan untuk menghasilkan sinyal output – suara musik yang bagus. Pada dasarnya terdapat tiga jenis mixer: mixer analog, mixer digital atau mixer digital live dan mixer analog hybrid.

Mixer live digital memiliki konsol mix yang terintegrasi; Black window mirip seperti Ms Dos tetapi dengan fitur mixing dengan beragam aplikasi termasuk sistem penguatan suara, rekaman studio, siaran radio dan TV, dan pasca produksi film. Dengan menggunakan mixer digital, sinyal dari dua mikrofon terpisah yang digunakan oleh vokalis secara bersamaan dapat didengar melalui satu set speaker dengan jelas. Mixer mengirimkan sinyal langsung ke amplifier selama pertunjukan langsung sebelum didorong ke speaker. Tetapi amplifier dapat ditiadakan jika mixer digital terhubung ke speaker yang dialiri daya.

digital mixer

Mixer digital berisi jalur sinyal analog dan digital. Dengan begitu, alat ini dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya, sehingga dapat mengambil sinyal dari sumber digital dan analog. Begitu gelombang analog masuk ke mixer digital, sinyal dikonversi ke data digital. Prosesor dan efek-efek pada mixer mulai bekerja secara digital pada data digital tadi dan kemudian mengubah data kembali ke bentuk gelombang analog sebelum dikeluarkan. Mixer analog terbaru memiliki interface USB atau Fire-wire yang memungkinkan untuk menghasilkan sinyal analog. Selain itu, master output dapat dikonversi ke digital untuk mendapatkan audio ke komputer Anda.

Mixer digital live atau mixer digital mampu bertahan lama dengan switch mode power supply, output audio bebas noise dan konsumsi daya yang sangat rendah. Mixer digital live dapat berfungsi sebagai mixer analog murni dan power amplifier dengan kualitas suara yang luar biasa pada saat pertunjukan langsung. Mixer ini dapat dengan mudah dieksekusi pada kecepatan tinggi tanpa mengorbankan kualitas.

Untuk mixer berkualitas, cek mixer soundcraft di csa-indonesia.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *