Langkah Membersihkan Pompa ASI Manual agar Tetap Steril

Ya pompa ASI memang merupakan perlengkapan bayi yang harus selalu dijaga kebersihannya. Pasalnya pompa ASI yang kotor dan tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman yang akan berdampak pada kesehatan sang buah hati. Lantas bagaimana sih sebenarnya cara membersihkan pompa manual? Nah berikut beberapa langkah membersihkannya.

Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika hendak membersihkan pompa ASI adalah mematikan tangan dalam keadaan bersih. Mencuci tangan sebelum membersihkan pompa manual sangat penting untuk Anda lakukan. Setelah itu, periksa apakah perlengkapan pompa ASI itu kotor dan berjamur arau tidak ketika disimpan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan prosedur cara membersihkan pompa ASI dengan benar. Pasalnya setiap jenis pompa ASI memiliki prosedur yang cenderung berbeda. Apabila tabung pompa ASI berjamur segera buang dan ganti yang baru. Setelah pompa ASI benar-benar dalam keadaan bersih jangan lupa untuk melalukan sterilisasi.

Lepaskan Semua Perlengkapan Satu Per Satu

Tujuan melepaskan perlengkapan pompa ASI manual secara satu per satu adalah untuk memudahkan Anda dalam membersihkannya. Pastikan untuk tidak mencampur perlengkapan ASI dengan alat dapur lainnya selama membersihkannya. Gunakan wadah khusus saat membersihkan pompa ASI tersebut.

Selain itu, pastikan bahwa wadah yang Anda gunakan hanya khusus digunakan untuk membersihkan perlengkapan minum bayi. Pastikan juga untuk menghindari meletakan perlengkapan pompa ASI di tempat pencucian. Hal ini bertujuan agar perlengkapan pompa ASI tersebut tidak terkontaminasi dengan kuman dan bakteri yang berada dalam bak cuci piring.

Rendam Semua Perlengkapan yang Sudah Terlepas dengan Air Panas

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah merendam perlengkapan pompa ASI tersebut ke dalam air panas yang sudah dicampur dengan sabun khusus pencuci botol 

bayi. Pastikan Anda menggunakan sabun khusus perlengkapan bayi. Pasalnya ada beberapa jenis sabun yang berbahaya ketika diaplikasikan dengan perlengkapan minum bayi.

Cucilah perlengkapan pompa ASI tersebut dengan menggunakan air hangat dan kemudian siram kembali perlengkapan pompa ASI tersebut dengan menggunakan air panas mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan dan menjaga perlengkapan pompa ASI terebut dalam keadaan bersih dan steril.

Keringkan dengan Menggunakan Lap Khusus

Setelah proses sterilisasi perlengkapan pompa ASI selesai, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkannya. Selama proses pengeringan, pastikan Anda menggunakan lap bersih yang khusus digunakan untuk mengeringkan perlengkapan bayi. Hindari mengeringkan menggunakan lap dapur karena akan membuatnya terkontaminasi bakteri.

Nah itulah beberapa cara mudah membersihkan pompa manual yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Pastikan Anda memperhatikan tips di atas pasalnya kebersihan perlengkapan pompa ASI merupakan hal terpenting yang perlu Anda lakukan demi menjaga kesehatan sang buah hati. Dapatkan tips menarik lainnya hanya di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *