Penjelasan Mengenai IELTS Score

IELTS Score – IELTS dinilai pada skala 0-9. Anda akan menerima skor untuk Membaca, Menulis, Berbicara dan Mendengarkan. Skor ini kemudian dirata-rata dan ini akan memberi Anda skor keseluruhan. Skor selalu dibulatkan hingga setengah skor terdekat.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda apa arti skor band berbeda, bagaimana pemeriksa memutuskan skor apa yang Anda dapatkan dan cara memahami skor band Anda secara lebih lengkap.

Di bawah ini adalah apa yang dimaksud dengan skor keseluruhan. Saya hanya akan mencantumkan 6-9 karena jika Anda membaca artikel ini dan memahaminya, Anda sudah akan menjadi 5.
Skor IELTS

Band 9– IELTS menggambarkan orang-orang yang mendapatkan Band 9 sebagai ‘pengguna ahli’. Ini berarti bahwa Anda memiliki perintah lengkap bahasa dan Anda menggunakannya dengan akurasi dan kelancaran lengkap. Sangat sedikit orang yang pernah mencapai level ini dan, pada kenyataannya, sebagian besar peserta didik tidak perlu sampai ke level ini.

Kesalahpahaman besar adalah bahwa Band 9 berarti ‘sempurna’. Tidak ada yang namanya tes EL sempurna ‘IELTS dan banyak siswa Band 9 membuat kesalahan kecil selama tes Menulis dan Berbicara.

Band 8– Jika Anda mendapatkan Band 8, IELTS menganggap Anda pengguna bahasa Inggris ‘sangat bagus’. Anda mungkin membuat beberapa kesalahan ketika berbicara atau menulis tentang situasi yang sangat asing, tetapi secara keseluruhan, Anda memiliki pemahaman bahasa yang sangat baik. Siswa terbaik saya biasanya mencapai level ini.

Jika Anda Band 8, Anda tidak akan mengalami masalah tinggal dan bekerja di negara berbahasa Inggris.

Band 7– Para siswa ini adalah ‘pengguna yang baik.’ Kebanyakan orang yang mendapatkan Band 7 dapat mengatasi situasi rumit dalam bahasa Inggris. Jika Anda seorang siswa Band 7, Anda sesekali akan melakukan kesalahan, tetapi Anda akan dapat melakukan sebagian besar tugas sehari-hari tanpa terlalu banyak masalah.

Saya percaya ini adalah level minimum seseorang jika mereka ingin belajar atau bekerja di negara berbahasa Inggris.

Band 6– IELTS menggambarkan siswa-siswa ini sebagai ‘kompeten’. Perhatikan bahwa yang di atas dijelaskan secara positif yaitu ‘baik’ dan ‘sangat bagus’, tetapi yang ini dijelaskan dalam bahasa yang lebih netral. Jika Anda Band 6, Anda dapat berbicara dan menulis tentang situasi yang sudah biasa, seperti keluarga atau pekerjaan Anda, tetapi Anda kesulitan untuk berurusan dengan topik yang lebih kompleks atau asing.

Orang ini sering membuat kesalahan dan kadang-kadang bisa salah memahami situasi karena kurangnya bahasa atau menyebabkan pendengar / pembaca salah paham apa artinya.
Menulis Skor

Menulis dinilai menggunakan empat kriteria. Penguji akan memberi Anda skor antara 0-9 untuk setiap kriteria dan kemudian memberi Anda skor keseluruhan rata-rata. Misalnya, jika Anda mendapat 6, 7, 8, 6, skor keseluruhan Anda akan menjadi 6,75 dan ini akan dibulatkan menjadi 7.

Keempat kriteria tersebut adalah:

1. Prestasi Tugas
2. Koherensi dan Kohesi
3. Sumber Daya Leksikal
4. Rentang Gramatikal dan Akurasi

Salah satu kunci untuk mendapatkan skor tinggi dalam penulisan adalah memahami apa arti keempat kriteria. Untuk artikel terperinci tentang apa artinya dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi, silakan kunjungi halaman ini.
Skor Berbicara

Berbicara juga memiliki empat kriteria yang akan Anda nilai. Mereka:

1. Kefasihan
2. Pengucapan
3. Sumber Daya Leksikal
4. Rentang Gramatikal dan Akurasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *