3 Makanan Khas Semarang Yang Wajib Dicicipi

Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang pastinya memiliki banyak sekali makanan yang lezat dan juga nikmat. Sebagai sebuah kota besar yang berusia ratusan tahun pastinya kaya akan kuliner yang menjadi ciri khas kawasan ini. Wisatawan yang datang ke kota ini pun bisa berburu bermacan kuliner selain tentunya mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Semarang. Apa saja kuliner khas Semarang? Berikut makanan yang lezat dari Semarang yang bisa jadi referensi.

  1. Bandeng Presto

Bandeg presto adalah salah satu makanan khas Semarang yang tidak hanya disukai oleh warga Semarang tetapi juga oleh para wisatawan. Makanan ini bisa dikatakan makanan asal Semarang yang paling populer jika dibandingkan makanan khas lainnya. Bandeng Presto adalah ikan bandeng yang dimasak di dalam panci bertekanan tinggi atau sidebut presto. Makanan ini sangat disukai karena bisa dijadikan lauk pauk yang nikmat bersama nasi putih dan juga sambal. Bandeng presto disukai wisatawan karena awet berminggu-minggu jika disimpan di dalam kulkas. Wisatawan bisa mencarinya di tempat oleh-oleh khas Semarang di kawasan Jalan Pandanaran.

  1. Tahu Gimbak

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah Tahu Gimbal. Makanan ini adalah yang terdiri dari tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol yang kemudian disiram dengan kuah kacang. Gimbal sendiri adalah udang yang digoreng dengan tepung. Makanan ini sangat disukai oleh wisatawan yang datang ke Semarang. Rasanya yang gurih, manis dan juga pedas sehingga lezat di lidah.  Yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah porsinya yang besar sehingga pastinya mengenyangkan setiap orang yang sedang lapar. Bagi wisatawan yang datang ke Semarang wajib mencicipi makanan ini.

  1. Tahu Pong

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah Tahu Pong. Makanan ini memiliki rasa yang gurih. Tahu ini berbeda dengan tahu biasanya karena tidak ada isinya sehingga dinamakan tahu pong. Makanan ini disukai warga Serarang sebagai cemilan saat di rumah atau di perjalanan. Tahu Pong paling enak di makan saat masih hangat. Tahu ini bisa di datakan di kawasan Simpang Lima Semarang.

Demikian sebagian kecil makanan khas dari Semarang yang harus dicoba saat wisata di tempat ini. Jangan lupa untuk mencicipi makanan yang pastinya enak dan lezat agar wisata di Semarang menjadi lengkap. Bagi wisatawan yang sedang ambil paket wisata Jogja bisa menyewa bus wisata di Jogja untuk mengunjungi kota ini dan mencicipi kulinernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *