Mengenal Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman

Mengenal Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman

Kubah masjid РPada 26 Desember 2004, gempa bumi yang sangat dahsyat mengguncang provinsi Aceh. Gempa yang berkekuatan 9,1 itu datang dari dasar laut tepatnya  di barat daya Sumatra.

Gempa bawah laut itu mengakibatkan timbulnya gelombang tsunami setinggi 15 sampai 30 meter yang mengarah ke pantai barat Aceh. Tsunami itu menyapu dari pemandangan indah Aceh.

kubah masjid

Di dalam porak porandanya Aceh saat didera gempa serta tsunami, ada satu hal yang demikian mengundang perhatian, yakni Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini mengundang perhatian sebab dia masih tetap dapat berdiri tegak, sesaat bangunan di sekelilingnya rata dengan tanah karena musibah itu.

Apakah yang membuat bangunan itu tidak roboh waktu musibah besar itu datang?

Kontruksi bangunan pada masjid jadi point penting dalam menjawab kenapa bangunan itu masih kuat.Kubah masjid

Kubah Masjid

Menurut arsitek Ary Indra, Masjid Raya Baiturrahman telah lewat beberapa perbaikan dalam perjalanan pembangunannya. Hal tersebut punya pengaruh pada kokohnya bangunan itu.

“Saya pikir faktanya sebab masjid telah lewat beberapa layer menambahkan bangunan serta perbaikan, jadi kekuatannya melewati bangunan biasa yang lain,” kata Ary

Arsitek pemenang penghargaan AR Emerging Architects London serta Highly Commended Project for Slide of Joy 2010 itu bercerita proses perbaikan masjid itu. Dari awalannya cuma mempunyai satu kubah waktu dibuat pada tahun 1600, sekarang ini Masjid Raya Baiturrahman mempunyai tujuh kubah serta empat menara. Dalam proses perbaikan, masjid ini sempat dibakar oleh penjajah Belanda serta dibuat lagi pada era ke-19.

baca juga : Kubah masjid

“Semestinya bangunan publik yang benar, kan memang kekuatannya telah ditata ya dalam ketentuan PU (Pekerjaan Umum). Mungkin masjid ini dibuat dengan benar dan baik dengan susunan,” lebih Ary.

Ary pun menjelaskan, tempat dasar Masjid Raya Baiturrahman ialah dua meter dari permukaan tanah. Hal itu pun bertindak membuat perlindungan bangunan dari tsunami. villagenow.net

“Waktu tsunami, bangunan tidak langsung terpukul air pada permukaan dindingnya,” kata Ary.

Lihat kekuatan Masjid Raya Baiturrahman dalam melawan tsunami dahsyat beberrapa tahun kemarin, sebaiknya semua pembangunan masjid di indonesia, terpenting yang bersebelahan  dengan laut, mengikuti landasan serta struktrur masjid itu. Kubah masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *