Tips Usaha Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah

Persiapan budidaya ikan air tawar harus dilakukan secara matang agar panen yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Ada beberapa pilihan ikan yang dapat dibudidayakan dalam kolam terpal diantaranya ikan lele, ikan nila, ikan gabus, ikan mas dan lain-lain.

budidaya ikan air tawar

Berikut beberapa tips budidaya Ikan Air Tawar :

1.Persiapan Lahan

Menyediakan lahan yang luas pada umumnya tergantung pada pertimbangan peternak. Pemilihan lahan yang terkena sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan jenis ikan.

Pertimbangan jenis ikan yang akan dibudidaya sangatlah penting karena berpengaruh pada tingkat kedalaman kolam dan kepadatan benih yang akan disebar.

2.Persiapan Bibit Ikan

Persiapan bibit ikan murah yang berkualitas dapat dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar terhadap ikan di berbagai daerah berbeda-beda sehingga peternak harus jeli dalam melihat peluang bisnis yang ada. Pemilihan bibit-bibit yang unggul tentu akan menghasilkan ikan yang bernilai jual tinggi di pasaran.

3.Pembuatan Kolam

Pembudidayaan ikan air tawar yang praktis dan dan murah dapat dilakukan pada kolam terpal. Pembuatan kolam dengan dasar dan pinggiran tanah hanya perlu dengan mengubur pinggiran terpal yang digunakan sehingga tidak terjadi tarik-menarik yang akan beresiko kebocoran. Permukaan bawah kolam yang rata akan memberikan cukup pengaruh pada perkembangan ikan.

4.Persiapan Kolam Ikan Air Tawar

Hal yang perlu diperhatikan pada kolam air tawar adalah saluran air. Pembuatan saluran air berguna untuk mempertahankan kejernihan air tanpa harus dilakukan pengurasan. Saluran juga akan membuat sirkulasi udara di air menjadi baik. Kolam yang telah dipastikan tidak mengalami kebocoran, ditaburkan pupuk kandang.

Setelah itu, didiamkan selama beberapa hari. Apabila kolam telah berwarna kehijauan, pertanda bahwa telah banyak plankton dan hewan kecil yang akan menjadi makanan bagi ikan air tawar.

5.Penebaran Benih Ikan Air Tawar

Penebaran bibit ikan disesuaikan dengan luas kolam dan kepadatannya. Jumlah pemberian pakan tergantung pada besar ikan dan kebutuhan setiap jenisnya. Pada ukuran bibit pada umumnya, pakan diberikan 2 kali sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari dengan takaran yang sesuai.

Pemberian vitamin juga dibutuhkan untuk menghidari ikan dari berbagai bakteri dan jamur. Vitamin bisa membuat tubuh ikan bertambah kuat dan mengalami proses pertumbuhan yang maksimal.

6.Pemanenan Ikan

Sebelum memanen ikan, peternak harus menentukan terlebih dahulu apakah pemanenan yang akan dilakukan sebagian atau menyeluruh. Pemilihan tersebut dapat berdasarkan bobot ikan ataupun kebutuhan pasar. Ikan yang ikut terangkat sementara tidak memenuhi syarat sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu.

Demikianlah tips budidaya ikan air tawar yang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *