Mengenal Macam Metode Sterilisasi Alat Medis di Rumah Sakit

Sterilisasi merupakan salah satu tindakan wajib yang harus dilakukan terhadap alat – alat medis di rumah sakit atau klinik. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah tentang tatalaksana peralatan medis di rumah sakit. Proses sterilisasi dilakukan dengan menggunakan beberapa metode tertentu, apa saja kah itu ? yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Metode sterilisasi alat – alat medis umumnya terbagi menjadi dua macam ( dua cara ) yaitu sterilisasi fisik dan sterilisasi kimia. Sterilisasi fisik itu sendiri ada bermacam – macam seperti panas kering, panas uap, radiasi lampu uv, metode pijar langsung dan juga metode boiling atau rebus. Kita akan bahas beberapa diantaranya.

Macam Metode Sterilisasi Alat Medis di Rumah Sakit & Klinik

# Metode Panas Kering (Panas Radiasi)

Metode ini tergolong praktis, namun membutuhkan proses yang cukup lama. Hal ini karena radiasi panas harus diusahakan merata di seluruh bagian alat. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat sterilisasi panas kering atau sering disebut dengan sterilisator kering. Kekurangan metode ini adalah terlteak pada alat dimana alat tidak dianjurkan untuk mensterilkan alat berbahan karet atau berbahan plastik.

# Steam Desinfection (Metode Panas Uap)

Uap panas merupakan media yang cukup ampuh untuk proses sterilisasi, oleh sebab itu metode ini dicetuskan. Namun untuk memudahkan perolehan uap tersebut dibuatlah sebah alat sterilisasi yang disebut dengan Autoclave. Alat ini berbentuk seperti panci yang dilengkapi dengan timer untuk mengatur waktu sterilisasi. Selain panas dari uap autoclave juga mengikut sertakan tekanan yang tinggi dalam prosesnya sehinga dirasa merupakan metode yang paling efektive.

# Metode Boiling

Boiling atau rebus merupakan metode klasik yang sering digunakan untuk mensterilkan peralatan operasi dari bahan logam. Namun sekarang, bisa jadi kita sudah tidak bisa menemukan metode ini dilakukan. Selain karena alasan kepraktisan metode ini juga rawan sekali terhadap komtaninasi.

Masih ada beberapa metode fisik lainnya yang bisa kita temukan dalam proses sterilisasi alat – alat medis rumah sakit dan klinik. Silahkan anda rujuk pada sumber lain yang membahasnya. Sekedar informasi untuk anda yang sedang membutuhkan alat – alat sterilsiasi, anda bisa temukan di toko alat kesehatan online yang jual autoclave lengkap dan berkualitas di www.gloryamedica.com. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *