Mengenal Defibrillator, Fungsi Dan Cara Kerjanya !

Pernahkah anda mendengar istilah Defibrillator ? Bagi anda yang memiliki basic medis pasti anda mengenal apa itu defibrillator. Kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi tentang defibrillator melalui artikel ini. Simak selengkapnya !

Pengertian Defibrillator

Defibrillator merupakan sebuah alat kesehatan. Menurut pendapat saya kata tersebut diambil dari asal kata fibrilasi yaitu getaran. Kemudian mendapatkan awalan de dan akhiran or yang kemudian menjadi kata benda. Defibrillator adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mengembalikan aritma jantung yang acak karena serangan jantung.

Fungsi Alat Defibrillator

Sebagaimana sudah kita ulas sedikit ketika menjelaskan pengertian defibrillator diatas, fungsi alat ini adalah sebagai “alat kejut jantung” atau untuk mengejutkan jantung sehingga aritma jantung yang acak karena terjadi fibrilasi pada fentrikel kembali pada getaran normal sehingga fungsi jantung dapat kembali.

Cara Kerja Defibrillator

Defibrillator termasuk alat kesehatan dari golongan elektromedik yang bekerja dengan menggunakan tenaga listrik. Tidak hanya itu, keluaran dari alat ini pun berupa energi listrik yang dapat kita seting sesuai dengan ketentuannya. Dimulai dari fibrilasi fentrikel dimana satu kondisi jantung bergetar dengan acak dan tidak dapat memompa darah.

Defibrillator memberikan sengatan (stimulus) energi listrik dengan kapasitas tertentu ditempelkan melalui dada pasien. Dari kejutan tersebut jantung kan shook dan kemudian akan memulai sistem kerjany secara normal. Jika pemberikan defibrillasi tepat, alat ini dapat membantu banyak orang yang mengalami serangan jantung.

Jenis Defibrillator

Ada dua macam jenis defibrillator yang ada di pasaran, defib manual dan defibrillator otomatis. Defibrillator otomatis disebut juga (AED) ini memiliki sistem kerja otomatis mendeteksi impedancy pasien sehingga dapat menentukan berapa energi yang digunakan untuk defibrilasi. Sedangkan defibrillator manual anda harus menentukan secara manual berapa energi yang akan digunakan.

Harga Defibrillator

Tahukah anda berapa harga defibrillator ? Alat ini termasuk alat yang langka dan tidak diproduksi di Indonesia. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari toko alat kesehatan yang jual defibrillator untuk satu unit AED berkisar antara 30 hingga 70 juta sedangkan untuk defibrillator manual bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *