Peraturan Baru di Dunia Maritim

Peraturan Baru di Dunia Maritim – Untuk memenuhi peraturan baru di dunia maritim dari IMO (Organisasi Maritim Internasional) Sulphur Cap 2020 terkait pengurangan ambang batas maksimal kandungan emisi sulfur oleh kapal menjadi 0,5 persen m/m, membuat operator pelayaran peti kemas harus menyiapkan dana setidaknya 10 miliar dollar AS. Angka ini dihitung oleh konsultan AlixPartners dengan dasar harga bahan bakar rendah sulfur (LFSO) tahun 2018. Sehingga menjadi ancaman bagi operator pelayaran peti kemas mulai tahun 2019 ini.

Mereka sudah mulai mewacanakan untuk membebankan biaya tambahan untuk memasang scrubbers atau tambahan biaya pembelian LFSO ke pengguna jasa. Pemilik barang pun meradang karena penambahan biaya tersebut akan menjadi kurang transparan. Di sisi lain, Chief Executive Maersk, Soren Skou, memperingatkan bila pengguna jasa tidak turut menanggung peningkatan biaya, makan akan ada lagi operator pelayaran peti kemas yang bangkrut dan gagal bergabung (konsolidasi). Namun ia menambahkan, bahwa peningkatan harga bahan bakar LFSO tidak akan berlangsung lama. Karena harganya akan turun seiring waktu ketika permintaan bertambah dan penawaran akan mengikuti.

Dari sisi operasional, Drewry menyebutkan implementasi Sulphur Cap akan memicu peningkatan penerapan slow steaming (penurunan kecepatan kapal untuk menghemat bahan bakar). Dengan bahan bakar lebih hemat, rute kapal bisa menjadi lebih jauh. Kemudian pelabuhan yang dituju untuk putar balik juga akan semakin sedikit, maka yang juga diprediksi terdongkrak adalah transhipment peti kemas. Semakin sedikit pelabuhan destinasi maka akan menggairahkan jasa transshipment dan operasi feeder. Meningkatnya transshipment jadi kabar baik bagi pelabuhan dan operator terminal. Karena akan meningkatkan rerata throughput pelabuhan global. Dari yang semula hanya dua gerakan dalam pelayaran langsung antarpelabuhan, dalam transshipment menjadi empat gerakan di area dermaga.

Kapal Sebaiknya Dilengkapi Genset

Karena menempuh jarak pelayaran yang cukup jauh, kapal sebaiknya dilengkapi genset kapasitas yang mumpuni untuk memberikan jaminan suplai listrik tidak akan hilang selama berlayar. Bila suplai listrik terpenuhi, para awak kapal dapat bekerja lebih maksimal dan mereka lebih nyaman selama didalam kapal yang ditumpangi.

Ada banyak merk genset yang cocok digunakan didalam kapal besar dan harga terbaru genset 10 kva di palembang tidak terlalu mahal terlebih ditahun ini dimana posisi rupiah sedang dalam trend yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *